Senin, 02 November 2009

SHALAT ISTIKHARAH

A. Hadist yang menjelaskan.

“Diriwayatkan dari Jabir, bahwa Nabi saw bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu hendak memutuskan suatu perkara, hendaklah ia melakukan shalat dua rakaat di luar shalat fardhu, yaitu melakukan shalat istikharah (=artinya memohon pilihan yang baik). Setelah itu hendaklah dia mengucapkan doa berikut ini: Ya Allah, aku mohon kepadaMu dipilihkan kebaikan dengan ilmu-Mu, aku mohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Engkau mengetahui dan aku tidak mengetahui, dan Engkau Maha Mengetahui yang Gaib. Ya Allah Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut perkara yang sedang diminta pilihannya) adalah baik untukku, agamaku,kehidupanku dan berakibat baik untukku, maka takdirkanlah ia untukku dan mudahkanlah. Dan jika engkau mengetahui bahwa perkara ini tidak baik untukku, agamaku dan akibatnya untukku, hindarkanlah perkara itu dariku, dan hindarkanlah aku darinya. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR Bukhari).

B. Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Sholat Istikharah.

Shalat Istikharah adalah shalat sunnat dua rakaat yang dilakukan ketika seseorang ragu dalam memilih dua perkara atau lebih. 

Shalat Istikharah adalah shalat sunah untuk memohon petunjuk kepada Allah ketentuan pilihan yang lebih baik diantara dua hal atau lebih yang belum dapat ditentukan, karena terkadang apa yang terlihat oleh manusia itu baik tetapi menurut pandangan Allah buruk, sebaliknya menurut pandangan manusia buruk tetapi sesunguhnya menurut Allah baik.Hanya Allah yang maha tahu dan yang menentukan segala urusan manusia.Dengan beristikharah berarti memohon petunjuk yang lebih baik.Sabda Nabi:"Tidak akan kecewa bagi yang melaksanakan istikharah dan tidak akan menyesal bagi orang yang suka bermusyawarah dan tidak ada kekurangan bagi orang yang suka berhemat"(HR.Thabrani).

Di samping untuk lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT sebagai rasa taqarrub kepada-Nya, shalat sunnat Istikharah juga bermanfaat untuk membebaskan diri rasa keragu-raguan dan kebingungan dalam menentukan sebuah pilihan yang paling baik dan paling bagus, baik menurut pandangan hukum maupun agama, agar tidak kecewa atau menyesal di kemudian hari. 

C. Tata Cara Sholat Istikharah.

Pelaksanaan salat istikharah tak ada bedanya dengan salat sunnah biasa. Adapun waktu mengerjakannya tidak ditentukan, sehingga dapat dikerjakan kapan saja, baik siang maupun malam. Namun yang lebih utama dikerjakan pada malam hari sebagaimana shalat Tahajjud, yaitu pada sepertiga malam yang terakhir.

Seperti yang dikatakan dalam hadist, shalat Istikharah dilaksnakan dua rakaat. Pada raka'at pertama, setelah membaca al-Fatihah disunatkan membaca surat al-Kaafiruun, dan pada raka'at kedua (setelah al-Fatihah) disunnatkan membaca surat al-Ikhlas.

Setelah salam membaca doa untuk shalat Istikharah:

"Ya Allah, aku mohon kepadaMu dipilihkan kebaikan dengan ilmu-Mu, aku mohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Engkau mengetahui dan aku tidak mengetahui, dan Engkau Maha Mengetahui yang Gaib. Ya Allah Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut perkara yang sedang diminta pilihannya) adalah baik untukku, agamaku,kehidupanku dan berakibat baik untukku, maka takdirkanlah ia untukku dan mudahkanlah. Dan jika engkau mengetahui bahwa perkara ini tidak baik untukku, agamaku dan akibatnya untukku, hindarkanlah perkara itu dariku, dan hindarkanlah aku darinya. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

(disunatkan sebelum dan sesudah berdoata membaca hamdalah dan shalawat).


Masalah yang boleh diistikharahkan hanyalah masalah yang keduanya sama-sama halal, sama-sama dibenarkan dalam syariah dan punya landasan syariah yang benar. Seandainya salah satunya dipilih, tidak ada masalah dengan urusan halal atau haram.

Dan doa yang baik adalah doa yang diiringi oleh usaha. Hanya saja dalam hal shalat istikharah ini, doa yang dipanjatkan itu hendaknya mengantarkan kita agar tidak terlalu cenderung pada sesuatu dan melupakan yang lain.

Demikian sekilas tentang shalat Istikharah, ini saya kutip dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat khususnya bagi saya dan umumnya bagi para pembaca.

Terima kasih.

1 komentar:

  1. terima kasih boss, semoga selalu tambah bermanfaat untuk sesama, oya minta izin buat tak sunting juga buat tak jadiin refensi dan tambahan bahan postingan tentang shlot pada tulisanku di http://www.perkuliahan.com/manfaat-sholat-istikharah-istikhoroh/
    smoga si boss ikhlas dan ridlo shingga mnjadi amal ibadah. dan si boss tak doaiin juga moga rejekinya tambah lancar dan tercapai segala cita dan harapanya.
    salam sukses
    mizan
    Banjarnegara.

    BalasHapus